Well,,

ini dia salah satu Backpacker Wish List saya,    Greece ato  Yunani..

hha memang sih negeri sendiri gak kalah bagus ny dengan Yunani, apa salah nya juga kalau kita mengagumi negeri orang ,he.

Negeri kecil di selatan/tenggara eropa ini merupakan pusat dan tempat lahirnya peradaban kuno di Eropa, banyak terdapat kuil kuil dan reruntuhan yang hampir runtuh haha, dan karena itu tempat kelahiran banyak hal yang kita kenal, termasuk Olimpiade, filsafat Barat, demokrasi, ilmu politik, dan sastra Barat dan drama. Warisan sejarah dan budaya Yunani terus bergema di seluruh dunia modern – dalam filsafat sastra,, seni dan politik.

Awal ny karna dulu waktu kecil saya addicted sama serial Anime Jepang “Saint Seiya”,

itu serial Anime yang memadukan kisah mitologi, astronomi, astrologi, dan legenda Yunani. Salah satu  tokoh sentral dalam Saint Seiya adalah Athena, dewi yang paling dihormati oleh bangsa Yunani.

Athena ini tinggal di Sanctuary tempat dimana terdapat kuil-kuil versi Saint Seiya, ada 12 kuil tepatny berdasarkan 12 constellation mulai dari Kuil Pisces yang paling bawah ,hingga kuil Aries yang paling atas dan atau paling dekat dengan kuil dimana Athena tinggal, ada juga Kuil Posseidon, etc.

Nhah itu versi dari serial anime ,,panjang jelasin ,pokonya dari situ saya  jadi berkhayal , pengen nginjak tanah Yunani dan bener-bener melihat wujud nyata kuil-kuil yang ada di sana huahahahah….

Apalagi dengan lihat film-film seperti :

Wrath of  The Titan,,Clash of The Titan,,Troy,,Hercules,,,waahhh jadiii Excited

Nii dia hueheu pemandangan Kuil Zeus dan Kuil Athena dimalam hari ,,hadhuuuh enak nih buat ngajak cewek , romance di malam hari kawkwak.

Selain Ancient Ruins nya, Pemandangan kota dan Alam sekitar Yunani juga Amazing lah.

This slideshow requires JavaScript.

Well , Yunani juga dikenal dengan pelopor Olimpiade ,

Awalnya, Olimpiade hanya berlangsung di Yunani kuno sampai akhirnya pada tahun 393 M Olimpiade kuno ini dihentikan oleh Kaisar Romawi,Theodosius. Olimpiade kemudian dihidupkan kembali oleh seorang bangsawan Perancis bernama Pierre Frèdy Baron de Coubertin pada tahun 1896. Dalam kongres pada tahun 1894 yang diselenggarakan di Paris, didirikanlah Komite Olimpiade Internasional (IOC) dan ibu kota YunaniAthena dipilih sebagai tuan rumah Olimpiade modern pertama tahun 1896. Selanjutnya, sejak tahun 1896 sampai sekarang, setiap empat tahun sekali Olimpiade Musim Panas senantiasa diadakan kecuali tahun-tahun pada masa Perang Dunia II.

Kemarin baru aja di adain Upacara Olimpiade, yang diadakan pada tanggal 10 Mei 2012 lalu,.

Perjalanan Api Olimpiade London 2012  dimulai dari Kuil Hera, yang berada di situs Olympia Kuno, Yunani saat api dinyalakan dalam upacara khusus. Api  melewati wilayah Yunani seperti Kreta, Piraeus, Thessalonica, Xanthi dan Larissa dan akhirnya tiba di Panathenaic Stadium, Athena tanggal 17 Mei sebelum didelegasikan kepada perwakilan penyelenggara Olimpiade London 2012.

Upacara yang sederhana tetapi penuh ketakziman ini dimulai di altar Kuil Hera, Olympia. Seorang aktris yang berperan sebagai pendeta wanita tertinggi dengan diiringi pendeta-pendeta wanita lainnya akan mengelilingi altar sambil menyerukan pujian untuk Apollo sang dewa Matahari:

“Kesunyian yang Suci, biarlah langit, bumi, lautan dan angin bersuara.

Gunung-gunung tetaplah diam, nyanyian dan kicau burung biarlah berhenti.

Apollo, dewa matahari dan cahaya terang, berikanlah cahayamu ke obor ini untuk menerangi kota London yang ramah.”

Kemudian sang pendeta tertinggi menjulurkan obor dari perak ke sebuah mangkuk cermin cembung yang berfungsi sebagai reflektor sinar matahari untuk menyalakan api dan memindahkannya ke sebuah mangkuk (amphora). Seorang pendeta wanita senior lainnya, Estiada, akan membawa mangkuk yang berisi nyala api itu ke stadion kuno Olympia yang berada di lokasi tersebut dengan diiringi pendeta-pendeta wanita lainnya.

Sebelum tiba di stadion, mereka harus melewati Pohon Zaitun untuk berhenti sebentar di sana. Di tempat tersebut, seorang anak laki-laki yang kedua orangtuanya masih hidup, Amphithalis Pais, akan mematahkan sebatang ranting zaitun sebagai simbol perdamaian dan hadiah bagi sang pemenang.

Upacara masih berlanjut di dalam stadion, ketika pendeta tertinggi menyalakan obor dengan api dari mangkuk tersebut.

Sayang ga bisa melihat secara langsung.

huawhuwah